MOHON MAAF UNTUK MAKALAH DAN ARTIKEL SILAHKAN DOWNLOAD PADA LINK DI SETIAP AKHIR MAKALAH DAN ARTIKEL

Monday, April 30, 2012

Makalah Keprotokolan Walikota Depok

Keprotokolan Walikota Depok


Bab I
Pendahuluan

Tentang Keprotokolan

Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam Negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Acara kenegaraan adalah acara yang diatur dan dilaksanakanoleh panitia Negara secara terpusat, dihadiri oleh Presiden dan/atau Wakil Presiden, serta Pejabat Negara dan undangan lain.

Acara Resmi adalah acara yang diatur dan dilaksanakan oleh pemerintah atau lembaga Negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi tertentu dan dihadiri oleh Pejabat Negara dan/atau Pejabat Pemerintahan serta undangan lain.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Keprotokolan mengatur 3 hal utama yaitu, Tata Tempat, Tata Upacara dan Tata penghormatan.

Tata tempat merupakan pengaturan tempat bagi Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, perwakilan Negara asing dan/atau organisasi Internasional, serta Tokoh Masyarakat tertentu dalam suatu Acara kenegaraan atau Acara Acara Resmi.

Tata Upacara adalah aturan dalam pelaksanaan upacara dalam kegiatan Kenegaraan maupun Acara Resmi. Sedangkan Tata Penghormatan merupakan aturan aturan pelaksanaan pemberian hormat bagi Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan dll dalamAcara Kenegaraan maupun Acara Resmi.


Tujuan Keprotokolan

Sesuai dengan Undang-undang No.9 tahun 2010 tentang Keprotokolan, tujuan adanya pengaturan Keprotokolan meliputi 3 hal, yaitu:

a. Memberikan penghormatan kepada Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, perwakilan Negara asing dan/atau organisasi Internasional, serta Tokoh Masyarakat tertentu, dan/atau Tamu Negara sesuai dengan kedudukan dalam Negara pemerintahan, dan masyarakat.
b. Memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara agar berjalan tertib, rapi, lancar, dan teratur sesuai dengan ketentuan dan kebiasaan yang berlaku, baik secara nasional maupun internasional; dan
c. Menciptakan hubungan baik dalam tata pergaulan antar bangsa.


Acara Kenegaraan dan Acara Resmi

Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintahan seringlah mengadakan acara, baik yang sifatnya wajib maupun tidak wajib. Untuk itu, Undang-undang keprotokolan juga mengatur tentang Acara Kenegaraan dan Acara Resmi.

Tiap melaksanakan Acara kenegaraan, yang bertanggung jawab atas pelaksanaannya adalah panitia Negara yang diketuai Menteri yang membidangi urusan Kesekretariatan Negara . Tetapi jika di laksanakan di lingkungan lembaga Negara lain, maka pelaksanaannya di koordinasikan antara kesekretariatan lembaga tersebut dengan panitia Negara.

Sedangkan untuk Acara Resmi dilaksanakan oleh petugas protokol yang merupakan bagian dari kesekretariatan suatu lembaga Negara maupun instansi Pemerintahan.

MAKALAH KEPROTOKOLAN WALIKOTA

Seperti Instansi Pemerintahan yang lain, Pemerintahan Kota Depok juga memiliki Keprotokolan. Bagaimana Keprotokolan di Pemerintahan Kota Depok? Apa saja Kegiatan yang dilakukan? Mari kita bahas di bab selanjutnya.

Makalah dan Artikel Lain...

0 komentar:

Post a Comment